Selasa, 29 Mei 2012

Berpetualang Bersama Sahabat Part 19


            Mereka pun terjatuh bersamaan. Di tempat lain teman – teman yang lain sudah menunggu mereka terlalu lama. Mereka sampai kebingungan.

“ray, kok lama banget sih” ujar ify

“kak, tenang dulu” ujar obiet

“biet. Disini kakak paling tua, biet. Kakak khawatir sama ray, biet” ujar ify

“emangnya obiet nggak khawatir apa sama mereka, kak. Obiet juga khawatir sama mereka, kak” ujar obiet

“aduh...ray sama iqbaal kemana, ya. Kok lama banget sih. Kalau sama ada apa – apa sama iqbaal gimana ini” ujar deva yang begitu mencemaskan sepupunya

“udah, dev. Tenang dulu. Pasti mereka kembali” ujar keke

“ke, iqbaal itu punya magh. Aku takut dia magh nya kambuh. Aku takut kalau iqbaal sakit lagi” ujar deva yang udah mulai nangis

“sabar dulu, dev. Aku yakin iqbaal kuat. Aku kenal iqbaal bukan sehari atau dua hari. Aku udah bertahun – tahun kenal sama iqbaal. Dia pasti kuat kok” ujar keke

“makasih, ke. Udah nenangin aku. Aku udah mulai tenang” ujar deva

            Suasana pun sudah mulai tenang kembali. Mereka terus menunggu dan menunggu. Hingga waktu telah menunjukkan pukul 11 malam. Panitia pun menghampiri mereka di tempat utama.

“eh, teman – teman. Tuh panitia” ujar aldi

“oh iya. Gimana nih. Iqbaal belum datang juga” ujar bastian

“udah. Kita ngomong apa adanya” ujar kiki

“ternyata kalian masih disini semua? Kenapa nggak kembali ke perkemahan. Kakak cemas sama kalian yang nggak balik – balik” ujar kakak panitia yang panik” ujar kakak panitia

“maaf, kak. Sebelumnya udah buat kakak cemas. Tapi kita disini lagi nungguin iqbaal sama ray, kak” ujar kiki

“iyaa, kak. Kurang 1 kelompok lagi” ujar obiet

Panitiapun berunding.

“okey. Karena hari sudah mulai larut. Kita kembali ke perkemahan dulu. Sambil jalan kita cari mereka berdua. Kakak mohon kalian jangan jauh – jauh dari para pnitia” ujar kakak panitia

“tapi, kak. Kalau mereka udah nyampe sini. Tapi kitanya gak ada gimana, kak?” tanya deva

“kalau memang mereka kesini. Pasti kita bisa ketemu mereka di jalan” ujar kakak panitia

“oh, okey deh, kak” ujar deva

“ayo kita semua jalan” ujar kakak panitia

            Mereka pun kembali ke perkemahan. Di jalan mereka sambil melihat kanan dan kiri. Dan mereka pun menerikkan nama iqbaal dan ray. Tapi sampai di perkemahan mereka tetapi tidak menemukan iqbaal dan ray.

“aduh...iqbaal di mana sih” ujar deva yang khawatir

“deva, udah tenang dulu. Kita semua juga khawatir.” Ujar ify

“tapi, kak. Aku takut iqbaal sakit. Iqbaal itu sama kayak ozy gampang sakit” ujar deva

“udah deva. Mendingan kita semua tidur dulu, ya” ujar ify

            Lalu mereka semua pun tidur. Ify pun menemani deva sampai deva benar – benar tidur. Deva dari tadi tidak bisa tidur. Dia hanya membolak – balikkan tubuhnya. Dan dari tadi ify pun selalu menenangkan deva. Dan akhirnya setelah jam menunjukkan pukul 2 pagi deva pun akhirnya bisa tidur. Dan ify kembali ke tendanya untuk tidur

            Di tempat lain iqbaa dan ray jatuh dari tebing. Iqbaal merasakan sakit pada 1 tangannya dan kepalanya. Sedangkan rio merasakan sakit pada kakinya.

“aduuuuuuuh.......sakiit......aaauuuuu” teriak ray kesakitan

“aduuuhhh......jahat banget sih nih pohon. Masa mentok sama kepala aku sih. Huuuaaaa....mamah......teteh ody......” teriak iqbaal

“udah deh jagan berisik. Mendingan lu tolongin gw. Lu kan yang bikin gw jatuh” ujar ray

“kok aku sih? Kamu pikir aku juga gak sakit apa. Kepala sama tangan aku juga sakit tahu” ujar iqbaal

“udah deh nggak usah nyolot. Kaki gw sakit banget nih. Jangan – jangan patah lagi. Tanggung jawab lu kalau kenapa – napa sama kaki gw” ujar ray

“hah??? Masa??? Gak bisa digerakin sama sekali???” tanya iqbaal kaget.

 “gak tahu deh” ujar ray

            Iqbaal pun membantu ray berdiri dengan satu tangannya. Dan mereka pun mencari tempat untuk mengobati luka masing – masing dengan daun – daun yang ada di sekitar situ, yang di ketahui iqbaal bisa menyembuhkan luka.

“hmmm....ray, kita istirahat di sana aja, yuk” ujar iqbaal

“ terserah lu aja, deh” ujar ray

“kamu duduk disini. Aku mau ngambil daun itu. Itu daun bisa nyembuhin luka.” Ujar iqbaal

“mana kaki kamu. Sini aku obatin” ujar iqbaal ketika udah nemuin daun yang bisa nyembuhin luka

“pelan – pelan kenapa sih. Sakiit....woooy” teriak ray

“namanya juga di obatin. Tahan sedikit kenapa sih” ujar iqbaal yang udah mulai jengkel

            Iqbaal mencoba mengobati luka ray, dan sesudah itu mengobati lukanya sendiri. Setelah itu mereka mencoba untuk istirahat sambil melepas lelah mereka tertidur. Tak lama ray terbangun dari tidurnya karena mendengar sesuatu.

“hah??? Suara apaan tuh...hhey...siapa disana???? Baal, baal bangun” ujar ray ketakutan.

“ada apaan sih. Gw ngantuk tahu” ujar iqbaal

“bangun nggak” ancam ray sambil memegang tangan iqbaal yang sakit

“aduuh....iya...iya....tapi jangan pegang tangan gw. Sakit tahu” ujar iqbaal

“ya udah makanya bangun” ujar ray

“apaan sih, baal. Ini masih malem. Jalan juga belum kelihatan. Kita lanjutin besok aja” ujar iqbaal

“tadi disana ada suara, baal” ujar ray ketakutan

“suara apaan sih ray. Palingan juga suara burung. Atau hewan malam yang lainnya” ujar iqbaal

“bukan, baal. Kayak suara orang lagi jalan” ujar ray

“penakut banget sih. Gw lagi nyenyak tidur tahu. Ganggu aja sih” ujar iqbaal kesal

            Iqbaal pun mencoba untuk melihat di sekelilingnya dan ray pun mengikutinya dari belakang iqbaal sambil ngumpet di belakang iqbaal.

“ray, lu apa – apaan sih. Gw gak bisa jalan kalau lu nya kayak begini” ujar iqbaal

“udahlah. Lu jalan di depan” ujar ray

“iya. Tapi gw kagak bisa jalan kalau lu nya kayak begini, ray” ujar iqbaal kesal

“tuh, liat gak ada apa – apa, ray. Dasar penakut. Itu perasaan kamu aja kali, ray” ujar iqbaal kesal.

“apa lu bilang hah??? Penakut??? Gak ada ya tuh kata “penakut” dikamus gw” ujar ray kesal

“kalau bukan penakut apa donk namanya tadi” ujar iqbaal

“udah ah. Terserah. Tidur lagi” ujar ray

“yang ganggu gw tidur kan lu. Seharusnya gw yang ngomel” ujar iqbaal

“dasar belagu lu....” ujar ray

            Iqbaal pun tak merespon ucapan ray, dia malah langsung tidur kembali dan membiarkan ray ribut sendiri.

“eh, baal. Gw ngajak lu ngomong malah tidur gitu aja. Gak sopan banget sih” ujar ray

“hhhh......” ujar iqbaal

“rese banget sih jadi orang. Ya udahlah aku juga tidur lagi, ah....” ujar ray

            Mereka pun tertidur lelap sekali sambil menunggu datangnya pagi hari yang cerah itu.

            Tak lama pun suara burung terdengar, matahri pun terbit. Di perkemahan semua masih cemas dengan hilangnya ray dan iqbaal.

“ahhh....gilaa....gw bakalan strees kalau kayak gini.” Teriak obiet

“mikirin iqbaal sama ray ya, biet. Sama, biet. Gw cemas banget. Aku takut iqbaal sakit” ujar deva.

“huuuuaaa.......gw masih ngantuk....” teriak ozy

“gaya lu, zy. Semalem tidur pulas begitu. Masih ngantuk juga” ujar deva

“capek gw, kak” ujar ozy

“eh....eh....mau ngapain lagi lu, zy” ujar deva

“mau tidur lagi, kak. Masih ngantuk” ujar ozy

“ozy, nih. Gw bakalan tonjok lu kalau lu tidur lagi” ujar deva

“iya....iya...ih. ngeselin banget sih lu, kak” ujar ozy

“sempet – sempetnya begitu kamu, zy. Kamu yang bisa tidur malah mau tidur lagi. Kita semua cemas mikirin ray sama iqbaal tahu. Tuh kasian deva” ujar obiet

“aduh, kakak. Cemas sih boleh khawatir juga. Tapi waktunya tidur kita harus manfaatin dengan sebaiknya” ujar ozy

“ozy, awas kamu tidur lagi. Kakak gantung kamu di pohon” ancam deva

“iya....iya...iya” ujar ozy

            Mereka pun keluar dari tenda. Di halaman depan tenda terlihat yang lain sedang merenung ada juga yang menangis. Wajah cemas nampak pada wajah semua anak.

            Di tempat lain iqbaal dan ray pun masih terus menyusuri jalan. Iqbaal merasa ada yang aneh. Dia merasa bukannya bertambah dekat tetapi malah bertambah jauh.

“baal, ngapai sih kita berhenti. Ayo donk. Mau sampe nggak nih” ujar ray

“perasaan aku nggak enak, ray. Aku merasa kita jalan salah deh daritadi” ujar iqbaal

“maksud lu apaan??? Udah deh jangan bikin orang cemas. Udah ngga usah memperlambat perjalanan kita deh. Pokoknya kita harus sampai ke perkemahan hari ini juga. Emangnya lu mau tidur di tempat seperti tadi malam lagi, hah. Gw mah ogah tidur di tempat itu lagi” ujar ray

“iya...tapi kan, ray” ujar iqbaal

“udah deh terserah lu aja.” Ujar ray

“ray....!!! ihhh...!!! ni anak susah banget dah di ajak kerja samanya. Udah kesasar gara – gara dia tetap aja kayak begitu huuffft....” ujar iqbaal

“udah dong. Cepetan kenapa gak usah ngoceh sendiri begitu” ujar ray

“iya....iya....ngeselin juga ya lu lama – lama” ujar iqbaal

Mereka pun terus berjalan dan berjalan sampai – sampai matahari sudah terlihat berada di atas mereka.

“haddduuuh,......panas banget sih......bener – bener nggak kuat gw” keluh ray.

“haduuuh......sssstttt......adduuuhhh” ringis iqbaal

“bawa makanan gak lu” ujar ray

“boro – boro. Tas aja gw tinggal” ujar iqbaal

“haduhhh....gw laper banget. Lu kenapa sih, baal” ujar ray

“gak tahu, ray. Kayaknya magh aku mulai kambuh” ringis iqbaal

“udah deh lanjutin aja lagi” ujar ray

“tega banget sih lu. Gak liat apa ada orang sakit begini” ujar iqbaal

“laper kan lu?” tanya ray

“iya” ujar iqbaal

“ya udah sama. Gw juga laper. Udah deh lanjut” ujar ray

“kita cari makan aja” ujar iqbaal

“mau cari dimana coba? Mana ada makanan di tengah hutan begini” tanya ray

“yang aku tahu, ray. Di tengah hutan pasti ada buah. Kita bisa kan cari makanan di sekitar sini” ujar iqbaal

“di hutan kayak begini??? Lu liat dong pohon – pohonnya aja kayak begitu” ujar rio

“ya udahlah. Kamu tunggu disini. Aku bakal cari buah” ujar iqbaal

“ya udah sana gih!! Cari aja deh tuh buah. Jangan lama – lama. Mendingan gw tidur deh....” ujar ray

            Ray pun tertidur dan iqbaal menyusuri jalanan untuk mencari makanan. Tak lama iqbaal melihat pohon pisang. Dan dia pun mengambil pisang itu.

“haduuuh.....haahhhhh pisang.....itu yang aku cari. Ada yang punya gak, ya. Mudah – mudahan nggak ada yang punya. Kalau misalnya ada aku minta ya, pohon. Aku ambil pisangnya. Ya. Aku laper banget. Maaf, ya. Aku minta sedikit aja kok.” Ujar iqbaal

            Iqbaal pun ingin cepat – cepat membawa pisang itu kehadapan ray. Di jalan dia melihat 1 kelapa yang tergeletak di tanah. Dan iqbaal pun memungutnya. Dan iqbaal bergegas kembali ke rio dengan senang.


“wah dasar ya ni anak. Bukannya cari apa gitu. Malah enak – enakan tidur. Dasar anak manja, ya. Semanja – manjanya gw perasaan nggak kayak gini deh” ujar iqbaal

“hmmmm......ada apaan sih. Gangguin aja” ujar rah

“nih, buahnya mau nggak” ujar iqbaal

“lu udah dapet. Apaan nih, pisang... Cuma ini???” tanya ray

“emang mau apa lagi. Segitu aja udah untung. Bisa makan, daripada nggak sama sekali” ujar iqbaal

“itu apaan, baal” ujar ray

“ini kelapa. Tadi pas aku mau balik ke sini aku nggak sengaja nemuin ini ya udah aku ambil aja deh sepertinya masih muda” ujar iqbaal

“waah...sini gw bantu. Gini caranya...ehhh...aduuhhh”  ujar ray

“hahaha.....” tawa iqbaal

“ketawa lagi lu.....bantuin kenapa” ujar ray

“haha...iya....iya....” ujar iqbaal

            Setelah berhasil memecahkan kelapa itu mereka pun meminumnya bersama – sama. Dan mereka semua memakan pisang bersama – sama. Dan mereka melanjutkan perjalanan sebelum malam datang. Tetapi matahari telah mulai turuh dari singgasananya dan berganti sore. Iqbaal dan ray pun masih terjebak dalam hutan. Mereka benar – benar kehilangan arah dan kebingungan harus pergi ke arah mana

“aduuuh....luas banget sih nih hutan” ujar ray

“kita mau kearah mana lagi, nih” ujar iqbaal

“sumpah, baal. Gw nggak tahu lagi. Gw bingung, baal” ujar ray

“ayo dong, ray. Semangat. Kita harus sampai sebelum matahari terbenam nih” ujar iqbaal

“gw capek banget, baal. Sebelumnya gw nggak pernah jalan sejauh ini” ujar ray

“udah ayo, donk. Aku pengen cepat – cepat balik, nih” ujar iqbaal

“ya udah. Ayo semangat...semangat....” ujar ray

            Tak lama hari pun mulai gelap, mereka semakin kebingungan harus ke arah mana. Kaki mereka melangkah. Cuaca pun tak mendukung. Karna anginnya berhembus cukup kencang. Tanda – tanda hujan akan turun pun terlihat. Mereka pun bergegas mencari tempat untuk berteduh dan beristirahat

“kayaknya mau hujan deh, ray” ujar iqbaal

“aduuh...kalau hujan turun berteduh dimana nih kita. Gubung kecil yang ada yang waktu tadi malam tempat kita tidur” ujar ray panik

“ya udah deh, ray. Kita cari pohon gede aja deh. Biar bisa berteduh” ujar iqbaal

“yaah...hujan dah mulai turun” ujar ray

“ray, kita kesana, yuk” ujar iqbaal

“iya” ujar ray.

            Mereka pun berteduh di bawah pohon besar. Setelah hujan reda mereka pun menetapkan akan beristirahat di bawah pohon besar itu. Karna hari sudah hampir larut malam. Tepat pukul 2 pagi ozy pun terbangun. Dia mendengar suara orang merintih – rintih kedinginan.

“ray!!!! Ray, kamu kenapa?” tanya iqbaal

“dingin, baal. Gw kedinginan” ujar ray

“aduuuh....hmmm pake ini. pake jaket aku. Aku nggak bawa obat, ray. Kamu belum makan, ya. Nih masih ada pisang satu. Tadi aku sisain” ujar iqbaal

“tapi kamu gimana, baal” ujar ray

“udah...aku mah gampang. Nanti bisa kita cari lagi” ujar iqbaal

“thanks, ya” ujar ray

“okey” ujar iqbaal

“baal, mau kemana kamu?” tanya ray

“aku mau cari kayu bakar di sekitar sini. Biar buat api unggun kecil – kecilan. Biar tubuh kamu hangat. Kamu disini aja. Jangan lupa pisangnya dimakan” ujar iqbaal

            Iqbaal pun pergi mencar kayu – kayu kecil yang tergeletak di sekitarnya. Walaupun sedikit basah karena huja. Tetapi terus di usahakan agar api unggun menyala. Dan ray tertidur lelap di pangkuan iqbaal. Dan iqbaal pun tertidur bersandar pada pohon besar. Tak lama pagi pun datang dan rio pun terbangun

“hhh....jaket siapa ini??? oh iya jaket iqbaal. Hmmm maaaf ya, baal. Ternyata lu nggak seburuk yang gw kira. Baal, baal...baal bangun, baal” ujar ray

“hmmm...udah pagi, ya. Kamu udah nggak papa, kan” ujar iqbaal

“udah... lu tenang aja. Gw udah gak apa – apa, kok. Kita lanjutin jalan aja yuk...” ujar ray

“kamu serius nih udah kuat? Mendingan kamu istirahat aja dulu, deh. Aku cariin makan buat makan pagi kita. Abis itu baru jalan” ujar iqbaal

“udah deh. Lu nggak usah lebay gitu ngurusin gw. Kita cari makannya bareng – bareng aja sambil jalan tentunya. Ok” ujar ray

“hmmm...ya udah deh terserah kamu aja” ujar iqbaal

            Mereka pun melanjutkan perjalanan. Sampai 5 jam sudah mereka berjalan mencari makanan dan jalan keluar tapi tidak ketemu juga. Tubuh mereka pun mulai lemas dan juga kelelahan. Iqbaal pun terjatuh karena tidak kuat lagi.

#Bersambung#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar