Senin, 23 April 2012

Doraemon Dan Dinosaurus Nobita


Secara tak sengaja Nobita berhasil menemukan sebuah telur raksasa yang ternyata adalah telur dinosaurus. Nobita kemudian bertekad untuk menetaskan telur raksasa tersebut untuk membuktikan bahwa telur itu memang telur dinosaurus.
Saat menetas, ternyata telur itu memang telur dinosaurus. Nobita yang ingin memelihara dinosaurus itu kemudian mengalami kesulitan saat dinosaurus yang diberi nama Pisuke itu kemudian tumbuh besar dan tak lagi bisa disembunyikan dalam kamar Nobita.
Dengan bantuan Doraemon, Nobita kemudian memindahkan Pisuke ke sebuah danau agar ia bisa bersembunyi di sana. Celakanya beberapa warga setempat kemudian melihat Pisuke dan mulai panik. Mereka mengira ada binatang liar yang berkeliaran di sekitar mereka.
Doraemon dan Nobita tak punya pilihan selain mengembalikan dinosaurus itu kembali ke jamannya. Dengan menggunakan mesin waktu, mereka kemudian memulangkan Pisuke kembali ke jamannya. Sayangnya rencana ini harus berantakan saat seorang penjahat berusaha menangkap Pisuke untuk keperluan pribadi mereka.
Film animasi karya sutradara Ayumu Watanabe ini sebenarnya sudah dilepas sejak tahun 2007 kemarin. Film ini adalah remake dari film Doraemon yang dilepas sekitar tahun 80-an. Walaupun bisa dibilang bahwa Ayumu Watanabe sebagai sang sutradara mencoba untuk tetap mempertahankan ide awal dari film ini, namun toh ia sempat membuat beberapa perubahan dari karya remake-nya ini.
Dari sisi alur cerita, gaya film layar lebar ini tak jauh beda dengan serial TV-nya. Tokoh-tokoh yang ditampilkan pun masih sama dengan film serial TV-nya. Bedanya di sini mungkin adalah durasinya yang membuat penggarapan cerita jadi lebih detail.
Film animasi yang satu ini bisa dibilang unik lantaran tidak seperti tren sekarang dimana animasi dikerjakan dengan komputer, film ini sepenuhnya masih mengandalkan goresan tangan secara tradisional. Secara teknis, teknik ini memiliki beberapa cacat terutama pada goresan outline yang masih terlihat kasar. Namun di sisi lain, teknik ini juga seolah memberikan 'nyawa' pada film animasi ini. Warna-warna cerah yang digunakan juga cukup memanjakan mata dan jadi sekedar pengobat rindu pada tokoh Doraemon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar